Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Kali ini saya ingin share rangkuman materi kuliah, di paper ini di tulis untuk memenuhi tugas mata kuliah yang di ampu di STKIP PGRI Pacitan, dan untuk penulis sudah di sertakan dalam paper berikut:
FILSAFAT
PENDIDIKAN MATEMATIKA
“Alat
Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Matematika”
Diajukan
Kepada Sugiyono, M.Pd. Selaku
Dosen
Pengampu Filsafat Pendidikan Matematika
Untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas Resume
Disusun
Oleh:
PITA
SUCI RAHAYU
Nim
: 138.42020.92
Kelas
/ semester : c / ii
PROGRAM PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN
ILMU
PENDIDIK
PACITAN
2014
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa, karena atas berkat, Rahmat, dan Hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan resum ini yang
berjudul “ALAT PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA” untuk memenuhi tugas mata kuliah filsafat
pendidikan matematka.
Tidak
lupa juga penulis ucapkan ribuan terima kasih kepada :
1. Bpk.
Sugiyono
2. Ibu Khoirul
Qudsiah, M.Pd. selaku Kaprodi
Pendidikan Matematika;
3. Rekan-rekan
kelas I C semua, dan;
4. Semua pihak
yang telah membantu dalam penyelesaian resum
ini.
Mudah- mudahan Allah SWT membalas semua
kebaikan pihak yang telah membantu penulis, dengan balasan yang setimpal
didunia dan akhirat nanti-Nya . Amin Ya Rabbila’lamin.
Pacitan,
Juni 2014
PITASUCI RAHAYU
|
ALAT
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
Alat pengembangan pembelajaran matematika adalah suatu media yang
digunakan guru dalam proses mengajar dengan tujuan untuk meningkatkan
pemahaman dan semangat belajar siswa agar pembelajaran berjalan semakin
efektif. Alat Pengembangan Pembelajaran Matematika meliputi:
1.
MULTIMEDIA
Multimedia merupakan kombinassi teks, grafik, suara, animassi dan video,
kemudian diproses dengan berbagai tambahan dan akan menghasilkan multimedia
produk
2.
ALAT PERAGA
Alat peraga merupakan salah satu dari media pendidikan adalah alat untuk
membantu proses belajar mengajar agar
proses komunikasi dapat berhasil dengan
baik dan efektif
MANFAAT:
MULTIMEDIA
|
1. Siswa dapat belajar sesuai dengan
kemampuan, kesiapan dan keinginan mereka
2. Siswa belajar dari tutor yang
sabar ( komputer) yang menyesuaikan diri dengan kemampuan siswa
3. Siswa akan terdorong untuk mengejar
pengetahuan dan memperoleh umpan balik yang seketika
4. Siswa menikmati privasi dimana mereka tidak perlu malu saat
melakukan kesalahan
5. Belajar
saat kebutuhan muncul
(“just-in-time” learning)
6. Belajar
kapan saja disaat mereka mau
tanpa terikat suatu waktu yang telah ditentukan
|
ALAT PERAGA
|
1. proses
pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar siswa
2. siswa
belajar dengan banyak kemungkinan sehingga belajar berlangsung sangat
menyenangkan bagi masing-masing individu
3. belajar
lebih cepat segera bersesuaian antara kelas dan diluar kelas
4. mengajar
lebih sistematis dan teratur
5. Membantu
dalam mengatasi berbagai hambatan dalam proses pendidikan
|
LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI BERIKUT
1.
Menentukan materi pelajaran
2.
Menetukan alat peraga
yang cocok
3.
Menyiapkan alat peraga
4.
Menggunakan alat peraga
MACAM-MACAM
ALAT PERAGA YANG BIASANYA DIGUNAKAN DALAM PEMBELAJARAN
MULTIMEDIA
|
a)
VIDEO
b)
TV
c)
RADIO
d)
INTERNET
e)
POWER
POIN
f)
KOMPUTER
g)
LCD
|
ALAT PERAGA
|
a)
RUMAH
SUSUN
b)
LONCAT
KATAK
c)
MENARA
HANOI
d)
SEGITIGA
AJAIB
e)
SESATAN
HEXAGON
f)
PERMAINAN
KARTU
|
Alat peraga digunakan untuk mempermudah proses
pembelajaran juga dapat digunakan sebagai alat untuk memperjelas materi-materi
yang bersifat abstrak seperti dalam pembelajaran matematika. Karena pelajaran matematika telah diketahui bahwa objek yang
dipelajari itu bersifat abstrak dimana objek tersebut merupakan objek pikiran
yang meliputi fakta, konsep, operasi ataupun relasi, dan prinsip.
Berdasarkan uraian-uraian diatas dapat disimpulkan
bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran dapat lebih efektif dan efisien
dalam pembelajaran serta dapat mempermudah pemahaman siswa dalam materi yang
bersifaat abstrak serta membantu para pengajar dalam mengajarkan materi-materi
yang telah ada.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Tags: Makalah, Materi Kuliah, Fisafat Pedidikan Matematika
No comments:
Post a Comment