Breaking

Tuesday, April 19, 2016

Alat Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Matematika

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Kali ini saya ingin share rangkuman materi kuliah, di paper ini di tulis untuk memenuhi tugas mata kuliah yang di ampu di STKIP PGRI Pacitan, dan untuk penulis sudah di sertakan dalam paper berikut:

FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA
“Alat Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Matematika”








Diajukan Kepada Sugiyono, M.Pd. Selaku
Dosen Pengampu  Filsafat Pendidikan Matematika
Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Resume


Disusun Oleh:

PITA SUCI RAHAYU
Nim : 138.42020.92
Kelas / semester : c / ii

PROGRAM PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN
ILMU PENDIDIK
PACITAN
2014




KATA PENGANTAR

 Puji syukur  penulis  panjatkan  kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat, Rahmat, dan Hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan  resum ini yang berjudul “ALAT PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA”  untuk memenuhi tugas mata kuliah filsafat pendidikan matematka.
Tidak lupa juga penulis ucapkan ribuan terima kasih kepada :
1.    Bpk. Sugiyono
2.    Ibu Khoirul Qudsiah, M.Pd.  selaku Kaprodi Pendidikan Matematika;
3.    Rekan-rekan kelas I C semua, dan;
4.    Semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian resum ini.

Mudah- mudahan Allah SWT membalas semua kebaikan pihak yang telah membantu penulis, dengan balasan yang setimpal didunia dan akhirat  nanti-Nya . Amin Ya Rabbila’lamin.


                    




                Pacitan, Juni 2014


PITASUCI RAHAYU








ALAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

Alat pengembangan pembelajaran matematika adalah suatu media yang digunakan guru dalam  proses  mengajar dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan semangat belajar siswa agar pembelajaran berjalan semakin efektif. Alat Pengembangan Pembelajaran Matematika meliputi:
1.             MULTIMEDIA
Multimedia merupakan kombinassi teks, grafik, suara, animassi dan video, kemudian diproses dengan berbagai tambahan dan akan menghasilkan multimedia produk
2.             ALAT PERAGA
Alat peraga merupakan salah satu dari media pendidikan adalah alat untuk membantu  proses belajar mengajar agar proses  komunikasi dapat berhasil dengan baik dan efektif
MANFAAT:
MULTIMEDIA
1.     Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan, kesiapan dan keinginan mereka
2.     Siswa belajar dari tutor  yang  sabar ( komputer) yang menyesuaikan diri dengan kemampuan siswa
3.     Siswa akan terdorong untuk mengejar pengetahuan dan memperoleh umpan balik yang seketika
4.     Siswa menikmati  privasi dimana mereka tidak perlu malu saat melakukan kesalahan
5.     Belajar  saat kebutuhan muncul  (“just-in-time” learning)
6.     Belajar  kapan  saja disaat mereka mau tanpa terikat suatu waktu yang telah ditentukan
ALAT PERAGA
1.    proses pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar siswa
2.    siswa belajar dengan banyak kemungkinan sehingga belajar berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu
3.    belajar lebih cepat segera bersesuaian antara kelas dan diluar kelas
4.    mengajar lebih sistematis dan teratur
5.    Membantu dalam mengatasi berbagai hambatan dalam proses pendidikan

LANGKAH-LANGKAH  PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI BERIKUT
1.             Menentukan materi pelajaran
2.             Menetukan alat peraga yang cocok
3.             Menyiapkan alat peraga
4.             Menggunakan alat peraga
MACAM-MACAM ALAT PERAGA YANG BIASANYA DIGUNAKAN DALAM PEMBELAJARAN
MULTIMEDIA
a)     VIDEO
b)    TV
c)     RADIO
d)    INTERNET
e)     POWER POIN
f)     KOMPUTER
g)    LCD
ALAT PERAGA
a)     RUMAH SUSUN
b)   LONCAT KATAK
c)    MENARA HANOI
d)   SEGITIGA AJAIB
e)    SESATAN HEXAGON
f)    PERMAINAN KARTU

Alat peraga digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran juga dapat digunakan sebagai alat untuk memperjelas materi-materi yang bersifat abstrak seperti dalam pembelajaran  matematika. Karena pelajaran  matematika telah diketahui bahwa objek yang dipelajari itu bersifat abstrak dimana objek tersebut merupakan objek pikiran yang meliputi fakta, konsep, operasi ataupun relasi, dan prinsip.

Berdasarkan uraian-uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran dapat lebih efektif dan efisien dalam pembelajaran serta dapat mempermudah pemahaman siswa dalam materi yang bersifaat abstrak serta membantu para pengajar dalam mengajarkan materi-materi yang telah ada.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tags: MakalahMateri KuliahFisafat Pedidikan Matematika

No comments:

Post a Comment

Popular Posts