Breaking

Sunday, May 22, 2016

Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Pendidikan Matematika

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Pendidikan Matematika
                  Sumber pembelajaran merupakan sarana dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Pengembangan sumber belajar yang dimaksud setidaknya mencakup beberapa hal, yaitu:
1)      Sumber belajar dibuat sehingga dapat dipahami siswa.
2)      Sumber belajar dapat disajikan dengan berbagai cara sehingga mudah dan dapat dilakukan siswa.
3)      Sumber belajar dapat disesuaikan dengan kondisi atau keadaan di lingkungan sekolah. (Bishop, 2000)
Macam-macam sumber belajar
1)      Buku Teks Matematika  
Buku teks pelajaran yang layak digunakan di sekolah terlebih dahulu telah dilakukan penilaian oleh Departemen Pendidikan Nasional dalam hal ini Pusat Perbukuan.
2)      Lembar Kerja Siswa (LKS)
Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan sumber belajar yang berisi rangkuman-rangkuman materi yang telah dipelajari, latihan soal-soal, serta evaluasi pembelajaran.
3)      Ensiklopedia Matematika
Ensiklopedia matematika berisi uraian tentang hal-hal atau konsep yang berkaitan dengan matematika, tokoh-tokoh matematika, dan istilah-istilah matematika beserta pengertian dan contohnya.
4)      Buku Referensi Lain
Buku-buku ini dapat saja berupa buku teks, tetapi dapat juga berupa buku-buku dengan topik khusus.
5)      Majalah
Majalah yang dimaksud adalah majalah untuk anak yang di dalamnya terdapat unsur pendidikan.
6)      Sumber elekronik
Contoh media ini seperti radio, film, televisi, video, internet dan komputer yang sangat ideal digunakan untuk media pembelajaran.
7)      Sumber belajar jenis lainnya adalah yang berwujud benda-benda nyata yang dapat berperan sebagai alat peraga atau yang dapat digunakan untuk mendemonstrasikan berbagai konsep matematika.
Fungsi media pembelajaran:
Ø Sebagai alat bantu mengajar (dependent media); efektivitas penggunaan media tergantung cara dan kemampuan guru dalam menggunakan, misalnya gambar, dan transparansi.
Ø Sebagai media belajar mandiri (independent media); Media dirancang, dikembangkan, dan diproduksi secara sistematik, serta dapat menyalurkan informasi secara terarah untuk mencapai tujuan tertentu. (Basuki Wibawa dan Farida Mukti (1993: 8-9)).
Batasan media pembelajaran adalah sebagai berikut:
Ø Media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pengajaran sesuai dengan GBPP (Garis-garis Besar Program Pengajaran).
Ø Media pembelajaran digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan siswa.
Ø Media pembelajaran menunjang terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan, dan terkendali.
ØMedia pembelajaran mempertinggi mutu kegiatan belajar mengajar.
                   
Nama                                :   Winda Andriyati
NIM                                  :    1384202099
Tingkat/Smster/Kelas      :     I/II/C

1 comment:

  1. Oh my goodness! You're so right! I really don't think anyone's put it that way before! You must be an expert on this because you just made it so easy to understand, made me want to learn more about it! Carry on the great work.

    The Best Healthcare Websites Design for Healthcare Professionals, OPTIMIZED360 is the #1 healthcare websites firm in the US. To read more click the link above.

    ReplyDelete

Popular Posts