Sumber-sumber dan
Batas-batas Pengembangan Pendidikan Matematika
Sumber pembelajaran merupakan sarana dalam
kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Pengembangan sumber belajar yang dimaksud setidaknya mencakup beberapa hal,
yaitu:
1)
Sumber belajar dibuat sehingga dapat
dipahami siswa.
2)
Sumber belajar dapat disajikan dengan
berbagai cara sehingga mudah dan dapat dilakukan siswa.
3)
Sumber belajar dapat disesuaikan dengan
kondisi atau keadaan di lingkungan sekolah. (Bishop, 2000)
Macam-macam sumber belajar
1)
Buku
Teks Matematika
Buku
teks pelajaran yang layak digunakan di sekolah terlebih dahulu telah dilakukan
penilaian oleh Departemen Pendidikan Nasional dalam hal ini Pusat Perbukuan.
2)
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Lembar
Kerja Siswa (LKS) merupakan sumber belajar yang berisi rangkuman-rangkuman
materi yang telah dipelajari, latihan soal-soal, serta evaluasi pembelajaran.
3)
Ensiklopedia Matematika
Ensiklopedia
matematika berisi uraian tentang hal-hal atau konsep yang berkaitan dengan
matematika, tokoh-tokoh matematika, dan istilah-istilah matematika beserta
pengertian dan contohnya.
4)
Buku
Referensi Lain
Buku-buku ini dapat saja berupa buku
teks, tetapi dapat juga berupa buku-buku dengan topik khusus.
5)
Majalah
Majalah
yang dimaksud adalah majalah untuk anak yang di dalamnya terdapat unsur
pendidikan.
6)
Sumber
elekronik
Contoh media ini seperti radio, film, televisi,
video, internet dan komputer yang sangat ideal digunakan untuk media
pembelajaran.
7)
Sumber
belajar jenis lainnya adalah yang berwujud benda-benda nyata yang dapat
berperan sebagai alat peraga atau yang dapat digunakan untuk mendemonstrasikan
berbagai konsep matematika.
Fungsi media pembelajaran:
Ø Sebagai
alat bantu mengajar (dependent media); efektivitas penggunaan media
tergantung cara dan kemampuan guru dalam menggunakan, misalnya gambar, dan
transparansi.
Ø Sebagai
media belajar mandiri (independent media); Media dirancang, dikembangkan,
dan diproduksi secara sistematik, serta dapat menyalurkan informasi secara
terarah untuk mencapai tujuan tertentu. (Basuki Wibawa dan Farida Mukti (1993:
8-9)).
Batasan media pembelajaran adalah
sebagai berikut:
Ø Media
pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pengajaran sesuai dengan GBPP
(Garis-garis Besar Program Pengajaran).
Ø Media
pembelajaran digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan,
perhatian, dan kemampuan siswa.
Ø Media
pembelajaran menunjang terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan, dan
terkendali.
ØMedia pembelajaran mempertinggi mutu kegiatan
belajar mengajar.
Nama : Winda Andriyati
NIM : 1384202099
Tingkat/Smster/Kelas :
I/II/C
Oh my goodness! You're so right! I really don't think anyone's put it that way before! You must be an expert on this because you just made it so easy to understand, made me want to learn more about it! Carry on the great work.
ReplyDeleteThe Best Healthcare Websites Design for Healthcare Professionals, OPTIMIZED360 is the #1 healthcare websites firm in the US. To read more click the link above.