Assalamualaikum Wr. WB
Pre-Asumsi Dan Asumsi Dasar Pengembangan Pendidikan Matematika
- Pengertian Pre-Asumsi, Asumsi, Pendidikan dan Matematika
Sedangkan pengertian
matematika adalah suatu kegiatan penelusuran pola hubungan dengan prosedur
operasional yang digunakan dalam menyelesaikan masalah bilangan
- Peranan dan pentingnya pendidikan matematika
1. Sebagai sarana
berpikir ilmiah
2. Sebagai Dasar Perkembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
3. Sebagai
Dasar Menumbuhkan Karakter Siswa
5. Sebagai Dasar dalam Pengembangan Disiplin Ilmu
Semua orang beranggapan bahwa matematika
itu penting dan matematika dijadikan sebagai tolak ukur kesuksesan kebanyakan
orang-orang, karena:
- Matematika merupakan subjek yang paling umum
- Matematika merupakan ilmu dasar
- Matematika merupakan solusi riil dalam kehidupan.
- Matematika merupakan Ratunya Ilmu Pengetahuan
- Matematika dikembangkan
Cabang pengkajian yang dikenal sebagai
sejarah matematika adalah penyelidikan terhadap asal mula penemuan di dalam matematika
dan sedikit perluasannya, penyelidikan terhadap metode dan notasi matematika
pada masa silam.
Sejarah dalam bidang matematika ini juga meliputi banyak hal, misalnya saja
sejarah perkembangan matematika di suatu daerah, sampai dengan
penemuan-penemuan dalam bidang matematika oleh para ahli matematikawan dunia.
Sejarah matematika ilmu matematika berkembang sesuai dengan zamannya. Sebagai
contoh, pada tahun 2000 SM sampai dengan 300 M, telah muncul Ilmu Hitung,
Geometri, dan Logika.
Kini, ilmu matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting di
berbagai bidang, termasuk ilmu pengetahuan alam, rekayasa, medis, dan ilmu
pengetahuan sosial seperti ekonomi, dan psikologi. Mmatematika terapan mengilhami dan membuat penggunaan temuan-temuan
matematika baru, dan kadang-kadang mengarah pada pengembangan disiplin-disiplin
ilmu yang sepenuhnya baru. Matematikawan juga bergulat di dalam matematika
murni, atau matematika untuk perkembangan matematika itu sendiri, tanpa adanya
penerapan didalam pikiran, meskipun penerapan praktis yang menjadi latar
munculnya matematika murni ternyata seringkali ditemukan terkemudian.
Pre-asumsi Pengembangan Pendidikan Matematika:
Tanpa disadari matematika sudah diterapkan jauh sebelum para tokoh-tokoh
matematika menemukan ilmu matematika yang spesifik seperti phytagoras. Dimana
terdapat bukti-bukti ditemukanya benda matematika tertua yaitu tulang lebombo
yang ditemukan di Swaziland dan diperkirakan berasal dari tahun 35.000 SM.
Didalam tulang lebombo terdapat 29 torehan yang berbeda yang sengaja digoreskan
pada tulang fibula baboon. Serta ditemukannya artefak prasejarah di Afrika dan Perancis dari tahun
35.000 SM dan berumur 20.000 tahun menunjukkan upaya dini untuk menghitung
waktu. Dan masih banyak lagi temuan-temuan sebelum prasejarah matematika.
Asumsi Pengembangan Pendidikan Matematika:
Seiring perkembangan zaman dan teori matematika
yang secara spesifik terus ditemukan dan dikembangkan, serta dilihat dari
berbagai peranan penting matematika dan andil besarnya dalam
segala aspek kehidupan maka matematika dianggap penting untuk dikembangkan
didalam pendidikan. Dimana muncul pendidikan matematika yang diterapkan mulai
dari jenjang pendidikan sekolah dasar hingga pendidikan tinggi. Pengaplikasian
pendidikan matematika didalam pendidikan
ini dikarenakan adanya anggapan atau asumsi bahwa,
”Ketika matematika diterapkan dalam pendidikan matematika maka pengaplikasian
matematika lebih bersifat formal dan dipastikan bahwa matematika akan teraplikasi
dengan baik dalam pendidikan dan akan berfungsi secara maksimal dalam kehidupan yang riil”.
Oleh :
YULIANA (1384202101)
Tingkat/smst/kelas :
I/II/C
Baca juga : Epistemologi pendidikan matematika
No comments:
Post a Comment