Breaking

Friday, October 27, 2017

Sejarah Perkembangan Pendidikan Matematika

  • Assalamu'alaikum Wr. Wb


Matematika adalah alat yang dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan (dalam pemerintah, industri, sains). Sejarah matematika adalah penyelidikan terhadap asal mula penemuan di dalam matematika dan sedikit perlusannya, penyelidikan terhadap metode dan notasi matematika di masa silam. Dalam perjalanan sejarahnya, matematika berperan membangun peradaban manusia sepanjang masa. Matematika sudah dikenal sejak tahun 300 SM.
*      Sejarah matematika dilihat secara geografis antara lain :
  •  Matematika Mesopotamia
Babilonia merujuk pada matematika yang dikembangkan oleh bangsa Mesopotamia. Bukti awal matematika tertulis adalah karya bangsa Sumeria yang tertulis pada lempeng tanah liat. Matematika Babilonia ditulis menggunakansexagesimal (basis-60).
Hal-hal yang ada pada matematika Mesopotamia yaitu :
a.       Menentukan sistem bilangan
b.      Menemukan sistem berat dan ukur
c.    Menggunakan sistem desimal dan
d.      Penemu kalkulator pertama kali.
  •   Matematika Mesir Kuno
Orang Mesir memiliki sistem penulisan yang didasarkan pada hieroglif sekitar 3000 SM. Sejak peradaban helenistik, Yunani menggantikan bahasa Mesir sebagai bahasa tertulis bagi kaum pelajar bangsa Mesir. Dan sejak itu matematika Mesir dengan matematika Yunani dan Babilonia membangkitkan matematika helenistik.
Hal-hal yang ada pada matematika Mesir Kuno yaitu :
a.       Sudah mengenal rumus untuk menghitung luas dan isi
b.      Mengenal Tripel Pythagoras
c.       Mengenal sistem angka bercorak aritmatika
d.      Mengenal sistem bilangan dan simbol
  •   Matematika Yunani Kuno
Matematika Yunani ditulis dalam bahasa Yunani antara tahun 600 SM sampai 300 M. Matematika Yunani disebut juga matematika Helenistik.
Hal-hal yang ada pada matematika Yunani Kuno yaitu :
a.       Pythagoras membuktikan teorema pythagoras secara matematis
b.      Archimedes mencetuskan nama parabola yang artinya bagian sudut kanan kerucut
c.       Archimedes membuat geometri bidang datar
  • Matematika Cina
Hal yang menjadi catatan khusus matematika Cina adalah sistem notasi posisional bilangan desimal atau bilangan batang dimana sandi-sandi yang berbeda digunakan untuk bilangan-bilangan antara 1 dan 10, dan sandi-sandi lainnya sebagai seperangkat dari sepuluh.
Hal-hal yang ada pada matematika Cina yaitu :
a.       Mengenal sifat-sifat segitiga siku-siku
b.      Mengembangkan angka negatif, bilangan desimal, sistem desimal, sistem biner, aljabar, geometri, trigonometri dan kalkulus
c.       Aljabarnya menggunakan sistem horner untuk menyelesaikan persamaan kuadrat
  • Matematika India
Shatapatha Brahman (kira-kira abad ke-9 M) menghampiri niali  dan Sulba Sutras (kira-kira 800-500 SM) berisi tulisan-tulisan geometri menggunakan bilanagn irasional, bilangan prima, aturan tiga dan akar kubik, menghitung akar kuadrat dari 2 sampai sebagaian dari seratus ribuan, memberikan metode konstruksi lingkaran yang luasnya menghampiri persegi yang diberikan, menyelesaikan persamaan linear dan kuadrat, mengembangkan tripel Pythagoras secara aljabar, serta memberikan pernyataan dan bukti numerik untuk teorema Pythagoras.
Hal-hal yang ada pada matematika India yaitu :
a.       Memperkenalkan pemakaian nol dan desimal
b.      Geometrinya sudah mengenal tripel pythagoras, teorema pythagoras, transformasi dan segitiga pascal
*      Sejarah Perkembangan Pendidikan Matematika di Indonesia
1)      Matematika Tradisional
Setelah Indonesia terlepas dari penjajahan kolonial, pemerintah berbenah diri menyusun program pendidikan. Matematika diletakkan sebagai salah satu mata pelajaran wajib. Saat itu pembelajaran matematika lebih ditekankan pada ilmu hitung dan cara berhitung. Urutan-urutan materi seolah-olah telah menjadi konsensus masyarakat.
2)      Matematika Modern
Pendidikan matematika modern resminya dimulai pada tahun 1975 yang disusun untuk menutup kekurangan dari  pembelajaran matematika yang banyak menerapkan hafalan daripada menerapkan pengertan, kontnutas dan tidak merangsang pemikiran siswa.
3)      Matematika Masa Kini
Pembelajaran matematika masa kini adalah pembelajaran era 1980-an. Hal ini merupakan gerakan revolusi matematika kedua, walaupun tidak sedahsyat pada revolusi matematika pertama atau matematika modern. Revolusi ini diawali oleh kekhawatiran negara maju yang akan disusul oleh negara-negara terbelakang saat itu, seperti Jepang, Jerman Barat, Korea dan Taiwan. Pengajaran matematika ditandai oleh beberapa hal yaitu adanya kemajuan teknologi mutakhir seperti kalkulator dan komputer.

TOKOH-TOKOH MATEMATIKAWAN
1.      THALES (624-550 SM)
Thales (624-546 SM) lahir di kota Miletus yang merupakan tanah perantauan orang-orang Yunani di Asia Kecil. Thales adalah seorang saudagar yang sering berlayar ke Mesir. Di Mesir, Thales mempelajari ilmu ukur dan membawanya ke Yunani. Ia dikatakan dapat mengukur piramida dari bayangannya saja. Selain itu, ia juga dapat mengukur jauhnya kapal di laut dari pantai. Kemudian Thales menjadi terkenal setelah berhail memprediksi terjadinya gerhana matahari pada tanggal 28 Mei tahun 585 SM. Thales dapat melakukan prediksi tersebut karena ia mempelajari catatan-catatan astronomis yang tersimpan di Babilonia sejak 747 SM.
2.      PYTHAGORAS (582-496 SM)
Pythagoras lahir di pulau Samos, Yunani Selatan, pada sekira tahun 580 SM. Salah satu peninggalan Phytagoras yang terkenal adalah teorema Pythagoras, yang menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya). Walaupun fakta di dalam teorema ini telah banyak diketahui sebelum lahirnya Pythagoras, namun teorema ini dikreditkan kepada Pythagoras karena ia lah yang pertama membuktikan pengamatan ini secara matematis.
3.      SOCRATES (427-347 SM)
Filosof pada zaman Yunani Kuno berawal dari Socrates, dia dilahirkan di Athena pada tahun 470 SM. Socrates dikenal sebagai orang yang berbudi luhur, mempunyai kearifan dan kebijaksanaan. Pada saat itu Socrates belum sampai suatu sistem filosofi, yang memberikan nama klasik kepada filosofi itu. Dia baru membuka jalan dan baru mencari kebenaran dan dia belum sampai menegakkan suatu sistem pandangan. Tujuannya terbatas hingga mencari dasar yang baru dan kuat bagi kebenaran dan moral.
4.      ECLUIDES (325-265 SM)
Euclid dikenali sebagai Euclid dari Iskandariah dan digelar “Bapak Geometri”, ialah seorang ahli matematika Yunani Purba yang dilahirkan pada 300 SM. Beliau aktif di Iskandariah ketika era pemerintahan Ptolemy I Soter (323-283 SM). Karya beliau Elemen merupakan karya yang paling berpengaruh dalam sejarah Matematik, dijadikan buku teks utama dalam pengajaran matematik (terutama Geometri) dari masa penerbitannya sehingga lewat kurun ke-19 atau awal kurun ke-20.
5.      ARCHIMEDES (287-212 SM)
Archimedes dari Syracusa (sekitar 287 SM-212 SM). Ia adalha ahli matematika dan penemu dari Yunani yang terkenal. Di bidang matematka penemuannya terhadap nilai phi lebih mendekati dari ilmuan sebelumnya, yaitu 223/71 dan 220/70. Archimedes adalah orang yang mendasarkan penemuannya dengan eksperimen sehingga ia dijuluki Bapak IPA Eksperimental.
6.      APOLLONIUS (262-190 SM)
Apollonius yang menjadi matematikawan lahir di Perga, Pamphylia yang sekarang dikenal dengan sebutan Murtina atau Murtana, terletak di Antalya, Turki. Beliau dari Perga yang lazim disebut dengan pakar pengukur tanah (geometer) terbesar. Namun karya-karyanya membawa dampak besar bagi perkembangan matematika. Buku karyanya yang terkenal, Conics (kerucut), mengenalkan istilah-istilah yang sekarang populer seperti: parabola, elips dan hiperbola.
7.      DIOPHANTUS (250-200 SM)
Sekitar tahun 250 seorang matematikawan Yunani yang bermukim di Alexandria melontarkan problem matematika yang dipahat di permukaan batu nisannya. Pada batu nisan Diophantus tersamar (dalam persamaan) umur Diophantus. Diophantus menulis Arithmetica, yang mana isinya merupakan pengembangan aljabar yang dilakukan dengan membuat beberapa persamaan. Persamaan-persamaan tersebut disebut persamaan Diophantin, digunakan pada matematika sampai sekarang.

NAMA      : RINI ISTANTI
KELAS     : C
NIM           : 1384202095

Baca juga: Prinsip-Prinsip Pengembangan Pendidikan Matematika

No comments:

Post a Comment

Popular Posts